Loading...

Resep Pentol Bakso Ayam Kenyal ala Bunda Cantik

G+

Resep Pentol Bakso Ayam. Mendengar kata bakso tentu kita sudah tahu jenis makanan apa itu. Bakso merupakan makanan yang sudah popular di seluruh kota di Indonesia, bahkan bakso juga sudah dikenal di dunia juga lho. Bakso merupakan makanan berkuah yang mempunyai citarasa sangat khas dan saat ini yang sangat terkenal dengan nama makanan ini adalah bakso solo. Memang selain kota Solo sebenarnya ada juga daerah/kota lain yang mempunyai makanan khas ini salah satu contohnya adalah bakso Malang.

Resep Pentol Bakso Ayam Kenyal

Bakso sendiri pada awalnya bahan dasarnya berupa daging sapi, terus demi perkembangan kuliner di Indonesia bahan dasar bakso sudah tidak wajib menggunakan daging sapi, daging ayam menjadi pilihan para ahli kuliner untuk mengembangkan jenis bakso itu sendiri. Bahkan kini pedagang bakso di beberapa kota di Indonesia sudah mengembangkan bahan dasar bakso dari daging ikan, adapun jenis ikan yang biasa dijadikan resep bakso kenyal adalah ikan kakap.

Memang kalo sudah denger kata bakso itu rasanya ingin segera menyantapnya..!! ayo Bunda Cantik kita berkreasi membuat resep bakso sendiri karena selain bahan-bahan dan bumbu lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya, kita juga mempunyai kepuasan sendiri sebagai koki walaupun di rumah sendiri.

Yuk langsung saja Bunda Cantik
Resep Pentol Bakso Ayam Kenyal

RESEP:
  • 300gr daging ayam atau 1 dada ayam diambil dagingnya
  • 3 siung Bawang putih
  • 1 sdm Bawang goreng
  • ½ sdt Lada bubuk
  • 1 sachet Bumbu instan rasa sapi
  • 1 sdt Kecap manis
  • ½ sdm Baking powder
  • ½ sdt Gula pasir
  • 3 sdm Tepung kanji /tapioka
  • 4 buah Es batu secukupnya
  • ½ sdt Garam
  • 1 sdm Minyak goreng
  • 1 butir Putih telor
  • Air es secukupnya untuk rendaman bakso setelah direbus

CARA BUAT:
    Resep Pentol Bakso Ayam Kenyal
  1. Pertama pisahkan ayam dari tulang-tulangnya lalu cincang halus, blender daging ayam bersama es batu sekitar 5 menit kemudian keluarkan daging ayam lalu taruh di baskom. Ulek bawang putih lalu campurkan ke daging bersama bahan lainnya (kecuali putih telor dan minyak goreng), Aduk hingga rata dan masukan lagi ke blender, masukan putih telor dan minyak kemudian blender kembali selama 5 menit/ sampe halus dan tercampur rata.
  2. Keluarkan adonan taruh di tempat banting-banting adonan sebanyak 5 kali atau terlihat kalis dan masukan adonan bakso ke freezer, diamkan selama 30 menit.
  3. Resep Pentol Bakso Ayam Kenyal
  4. Sekiranya bakso udah mau dikeluarkan didihkan air dalam panci, kalo sudah mendidih matikan kompor. Keluarkan adonan bakso dari kulkas lalu buat bulatan-bulatan bakso dan masukan dalam panci yg berisi air panas lalukan hingga habis.
  5. Nyakakan kompor kembali dengan api kecil rebus hingga bakso mengambang/matang dan siapkan air es dalam wadah. Masukkan bakso yang sudah matang kedalam air es.
  6. Rendam hingga bakso dingin lalu tiriskan, bakso ayam siap dijadikan masakan sesuai selera.

Walaupun agak ribet membuat bakso sendiri dirumah merupakan kebanggaan sendiri kalo membuat baksonya sukses dan rasanya enak. Untuk membuat bakso yang enak uji coba perlu dilakukan beberapa kali dengan resep yang diganti-ganti. Biasanya dalam hal apapun untuk mencapai sukses perlu adanya trial and error begitu juga dalam hal memasak. Semangat untuk terus mencoba dan belajar adalah kunci sukses untuk mencapai kesempurnaan.

OK Bunda Cantik, jangan lupa SUBSCRIBE situs Cooking ID untuk mendapatkan informasi resep masakan, resep camilan sehat, resep minuman dingin, minuman hangat terbaru di sini.

SELAMAT MENCOBA

Previous
Next Post »