Loading...

Resep Bakpao Lembut Mengembang Tanpa Diuleni

G+

Resep Bakpao Lembut Mengembang Tanpa Diuleni

Bakpao lembut dan empuk. Biasanya membuat Bakpao adonan harus di uleni sampai kalis, tapi saya pernah lihat postingan bakpao tanpa diuleni dihalaman facebook. Saya penasaran dengan cara membuat bakpao tanpa diuleni dan mencoba bikin bakpao tanpa harus diuleni sampai kalis hanya sampai tercampur rata dan surprise, ternyata bakpao tetap mengembang dengan baik dan hasilnya juga sama dengan adonan yang diuleni sampai kalis terlebih dahulu. Saya taruh di wadah tertutup hingga 2 hari dan bakpao masih empuk.

Resep Bakpao Lembut dan Empuk

Mungkin Bunda Cantik mau mencoba resep baru membuat bakpao yang adonannya tidak perlu diuleni sampai kalis hanya dicampur sampai rata. Saya kasih resepnya dibawah Bunda, dan kalo Bunda berhasil membuat bakpao mengembang bagus saya dikabari ya?

Bakpao Coklat Lembut dan Empuk

BAHAN 1
  • 100 gr tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 1 sdt ragi instan
  • 150 ml air (resep asli 1 gelas/200 ml, krn prnh coba terlalu lengket sy kurangin)
  • 3 sdm gula pasir
  • 3 sdm mentega

BAHAN 2
  • 200 gr Tepung terigu,
  • 1 sdt Baking powder
  • 1 sdt Mentega

BAHAN ISI
  • Sesuai selera (keju, coklat, atau toping strawbery)

CARA BUAT
  1. Campur semua bahan 1 sampai larut dan tercampur merata dalam adonan. Setelah jadi, diamkan adonan 1 selama ±15 menit.
  2. Campur bahan 2 ke dalam bahan 1 yang sudah menjadi adonan, aduk sampai rata dgn cara diremas
  3. Setelah jadi, letakan adonan dalam wadah besar dengan ditutupi kain lap basah selama ±45 menit supaya adonan mengembang.
  4. Setelah mengembang bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan sedang dan beri isi di dalamnya. Kemudian kukus selama ±10 menit atau sampai matang. Ambil bakpao matang dan sajikan selagi hangat.
Sebenarnya sudah beberapa kali saya membuat bakpao dan membuat bakpao dengan resep diatas baru kali ini Bunda, tapi kalo dibandingkan dengan resep bakpao yang biasa saya buat kayaknya gak jauh beda hasilnnya. Dan resep ini sepertinya lebih cocok untuk Bunda Cantik yang tidak suka proses menguleni yang lebih lama dan membutuhkan tenaga ekstra.

OK Bunda, jangan bosan dengan tulisan sederhana dari saya ya, SUBSCRIBE dong situs Cooking ID untuk mendapatkan update resep masakan, camilan sehat atau minuman di Indonesian Cooking.

TIPS : Kalo adonan masih keras tambahkan air. Bila adonan agak lengket jangan tambahkan terigu. Pada waktu mencetak baluri tangan dengan terigu

Previous
Next Post »